Unit Pelaksana Teknis Stikom Surabaya
1. AAK (Administrasi Akademik & Kemahasiswaan)
AAK berada di lantai 2 gedung merah STIKOM Surabaya
3 hal yang penting untuk mahasiswa:
Buku Pedoman Akademik.
Kalender Akademik.
SIIS (Student Integrited Information System)
Rekan – rekan AKK :
a. Khoirul : Presentasi mahasiswa
dispensasi.
b. Tasya : Kehadiran dosen.
c. Ali dan Sapta : Regristrasi dan surat – surat
(transkrip aktif).
d. Diana : Soal ujian dan nilai ujian.
e. Netti : Ijazah, Yudisium, Laporan
kopertis
f. Vivine : Kabag. Akademik
Proses AAK secara global :
a. Registrasi dan her – Regristrasi (KRS) dalam Pasal 15
Kartu Rencana Study
b. Perwalian.
c. Perkuliahan.
d. Ujian.
e. Semester Pendek.
f. Yudisium (KHS).
g. Tutup Semester.
Cara pembayaran dan sanksi keterlambatan, apabila
tidak akan mengikuti ujian :
-- 1 --
Untuk mengupdate status mahasiswa harus daftar uamg. Apabila 2x tidak
registrasi akan tetrken DO (Drop Out) secara otomatis. Semester 1 dan 2
masih terikat paket. Tetapi untuk ajaran 2012 semester 2 apabila IPS
> 2 maka boleh menambah SKS. Pembatalan KRS max minggu ke 4 setelah
perwalian sesuai dengan pesetujuan dosen wali (Pasal 15 Kartu Rencana
Study)
Pasca Perwalian ( minggu 1 ) :
Jika MK (Mata Kuliah) dibatalkan oleh prodi.
Boleh mengganti sesuai jadwal
Pembatalan KRS ( minggu ke 4 ) :
Hapus MK maka status baru.
Melalui SIIS dan mencetak KRS dan AAK.
Cara Pembayaran dan Sanksi Keterlambatan :
1. Semua pembayaran BP atau BOP dilakukan melalui pendebetan otomatis
pada rekening mahasiswa pada Bank yang ditunjukan oleh STIKOM Surabaya
dengan jadwal yang diatur dalam ketetapan tersendiri.
2. Keterlambatan pembayaran BP atau BOP dikenakan sanksi yang berlaku
yaitu :
a. Tidak dapat mengikuti Ujian UTS dan UAS.
b. Dikenakan denda sebagai berukut:
Jumlah Hari Keterlambatan
%denda
1 s/d 30
5%
31 s/d 90
10%
>90
15%
-- 2 --
1. AU (Administrasi Umum)
AU berada di lantai 2 gedung biru . Bagian AU menaungi peminjaman
fasilitas yang ada di STIKOM Surabaya misalnya peminjaman ruangan, bus,
kursi dan lain – lain.
Tata cara peminjaman ruang & peralatan :
1. Mahasiswa meminta form peminjaman di AU
2. Mahasiswa mengisi form peminjaman dan di tanda tangani oleh mahasiswa
yang bertanggung jawab pada peminjaman.
3. Setelah itu berikan form pada petugas dan akan disah kan oleh
petugas.
4. Foto copy form sebanyak 3 lembar.
5. Berikan lembar 1 kepada petugas AU, lembar 2 Bagian Kemahasiswaan dan
lembar 3 pada Satpam.
6. Simpan form yang asli sebagai bukti.
2. Kemahasiswaan
Pada dasarnya Perguruan Tinggi mempunyai tugas untuk mengembangkan
Sumber Daya Manusia (SDM-Mahasiswa) yang berkualitas. Kualitas SDM yang
dimaksudkan bukan hanya pada lingkup kompetensi, ketrampilan dan
keahlian akademik (Hard Skill atau
Akademic Skill) saja, tetapi juga menyangkut kepribadian, attitude,
moral dan keimanan (Life Skill atau Social Skill). Hal ini berarti
Perguruan Tinggi tidak hanya sekedar menyuguhkan kegiatan akademis
belaka, namun juga kegiatan-kegiatan non akademis. Untuk pengembangan
-- 3 --
Soft Skills, bagian Kemahasiswaan STMIK STIKOM Surabaya berkewajiban
mengelola kegiatan dan program pembinaan Soft Skills dengan
berkoordinasi bersama para kepala Program Studi serta berkoordinasi
dengan bagian terkait dalam rangka menyediakan sarana dan fasilitas
sebagai wadah organisasi kegiatan mahasiswa, sehingga memungkinkan
pengembangan penalaran, bakat minat dalam seni, budaya, dan olah raga,
kesejahteraan serta pengabdian kepada masyarakat.
3. DEMA
Kedudukan organisasi ini sebagai organisasi non-struktural di lingkungan
STIKOM berfungsi untuk menjaring, menampung dan menyaring serta
mengemas aspirasi mahasiswa dalam lingkungan STIKOM tentang apa yang
dirasakan dan dihadapi dalam bermacam-macam kegiatan yang telah maupun
akan diadakan oleh Senat Mahasiswa. Selanjutnya aspirasi tersebut diolah
untuk diteruskan kepada lembaga untuk mendapatkan tanggapan dan tindak
lanjut. DEMA mempunyai kedudukan yang sejajar dengan SEMA serta
menjalankan fungsi pengawasan bagi pelaksanaan Program Kerja SEMA, dan
berintegrasi dengan Hima Prodi.
4. SEMA
Organisasi ini adalah pelaksana ( eksekutif ) dari Program Kerja Tahunan
SEMA yang diputuskan dalam Rapat Kerja Tahunan SEMA. Program Kerja
Tahunan SEMA di dasarkan kepada :
1. penjabaran arahan/kebijaksanaan lembaga kedalam Program Kerja Senat
Mahasiswa Tahunan
2. Mengkoordinasikan, mengkomunikasikan dan mengsinkronisasikan
aktifitas kegiatan UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) dan UKK (Unit Kegiatan
Kerohanian) kearah semangat kompetisi yang sehat dan prestasi
3. Mengembangkan ketrampilan manajemen organisasi mahasiswa.
5. KOPMA
Menyediakan beberapa barang kebutuhan mahasiswa, misalnya alat-alat
tulis, buku paket, fotocopy, makanan kecil, kafe, wartel dan sebagainya.
Kopma ini memiliki badan hukum dan dalam kepengurusannya dikelola oleh
mahasiswa ada dalam bimbingan dan pembinaan bagian Kemahasiswaan.
Koperasi mahasiswa ini juga mengemban tugas untuk mengenal dan
menumbuhkembangkan jiwa wiraswasta atau interprenuership pada mahasiswa
STIKOM Surabaya
.
-- 6 --
6. Perpustakaan
Jam Layanan :
Senin - Jum'at : 07.00 - 19.00 WIB
Sabtu : 07.00 - 12.00 WIB
Layanan perpustakaan diberikan dengan tujuan memberikan kemudahan akses
informasi dan pendayagunaan bahan perpustakaan dari semua jenis karya
cetak maupun karya dijital yang menjadi koleksi perpustakaan STIKOM
Surabaya. Selain itu, pelayanan di perpustakaan STIKOM terus
ditingkatkan sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
informasi berdasarkan minat, kebutuhan dan permintaan masyarakat
pelanggan perpustakaan.
Cara menggunakan komputer katalog :
Cara menggunakan komputer katalog dengan memasukkan kata kunci untuk
judul, atau pengarang, atau subyek. Dari komputer katalog ini kita
mendapatkan informasi apakah koleksinya sedang dipinjam atau tidak,
jumlahnya berapa, dan lokasinya dimana. Sedangkan fungsinya adalah
untuk:
Penelusuran koleksi
Informasi koleksi baru
Usulan pembelian koleksi
Masukan untuk perpustakaan
Tata tertib perpustakaan :
Memasuki Perpustakaan dengan tertib melalui pintu yang telah ditentukan
dan wajib memasukkan NIM / NIK /
-- 7 --
NIAB (No Induk Anggota Baca) di komputer yang telah disediakan
Bersepatu dan memakai pakaian rapi, (baju dimasukkan pada rok / celana
dan tidak memakai kaos blong/tanpa krah).
Tidak membawa tas, jaket dan tidak memakai topi (bisa dititipkan di
Loker). Barang berharga harap dibawa masuk (bila perlu lapor kepada
petugas).
Tidak membawa makanan, minuman dan tidak merokok di dalam ruangan
Turut menjaga ketenangan suasana perpustakaan (bagi yang membawa HP
harap mode silent diaktifkan)
Wajib memeriksakan semua barang yang dibawa kepada petugas saat
meninggalkan ruangan
Aturan dan ketentuan peminjaman Koleksi :
Mahasiswa aktif :
3 expl Bahan Pustaka, masing-masing selama 6 hari
1 expl Majalah, selama 2 hari (jika bendel selama 6 hari)
1 keping CD (baik CD Software atau CD Buku) selama 1 hari
Mahasiswa tugas akhir :
5 expl Bahan pustaka, masing-masing selama 30 hari
1 expl Majalah selama 2 hari (jika bendel selama 6 hari)
1 keping CD selama 1 hari
-- 8 –
7. Keuangan
Pelayanan bagian mahasiswa :
a. Biaya pengembangan / BP / SP
Hanya dikenakan sekali pada saat menjadi mahasiswa baru.
b. Biaya Operasional Pendidikan / BOP / SPP
Dibayarkan setiap semester yang merupakan satu kesatuan dari biaya
kuliah, registrasi, praktikum, dan ujian. Besarnya BOP akan sama pada
setiap semester hingga tahun ke – 4. Dan setelah melewati tahun ke – 4
akan naik sesuai dengan BOP angkatan berikutnya atau maksimal 25 % dari
BOP awal.
Pembukaan kolektif rekening CIMB NIAGA :
Bukti registrasi / KTM
Fotocopy KTP
Mengisi surat keterangan dengan membawa foto 3 x 4.
Membawa uang Rp. 500.000
Membawa 2 materai Rp.6.000.
Tata cara pembayaran angsuran BOP :
Mahasiswa mensetor uang ke masing – masing rekening CIMB NIAGA nya
sebelum tgl 10 untuk setiap bulannya.
Uang otomatis akan terdebit.
Untuk yang tidak menggunakan autodebit, bisa mentransfer uang sejumlah
angsuran ke rekening stikom (CIMB atau BCA).
Menyerahkan bukti transfer beserta nama dan nim ke bagian keuangan di
lantai 2 gedung biru.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar